Headlines News :
Home » » Kasus Pipanisasi Sambungan Rakyat, Dirut PDAM Delta Tirta Jadi Tersangka

Kasus Pipanisasi Sambungan Rakyat, Dirut PDAM Delta Tirta Jadi Tersangka

Written By Redaksi on Rabu, 23 Maret 2016 | 21.39.00

Sidoarjo  - Kejari Sidoarjo akhirnya menetapkan Direktur Utama (Dirut) PDAM Delta Tirta Sugeng Mujiadi sebagai tersangka dalam dugaan kasus pengadaan 10 ribu pipanisasi Sambungan Rumah (SR) anggaran Tahun 2015.

Menurut Ketua Tim Penyidik Kejari Sidoarjo, Wido Utomo S penetapan tersangka ini sudah dipertimbangkan matang-matang oleh penyidik. Pihaknya sudah mengkaji dengan hati-hati, sudah diekspose (gelar perkara), sudah digelar dengan senior-senior Jaksa.

"Dari kajian dan sebagainya, inisial SM ditetapkan sbagai tersangka dalam kasus pengadaan 10 pipanisasi SR tersebut," tegasnya, Rabu (23/3/2016).

Dia menambahkan, surat penetapan tersangka itu sudah ditandatangani oleh Kajari Sidoarjo H.M Sunarto SH MH. Penetapan tersangka ini yang jelas tidak ada muatan politis, apalagi sponsor. "Ini semata-mata penegakan hukum. Penetapan tersangka ini ditetapkan menurut derajat kesalahan dan lebih bertanggung jawab dalam pengadaan pipanisasi ini," jelas Wido.

SM disangka dengan Pasal 2 ayat 1 Jo pasal 3 Jo pasal 18 Jo Undang-Undang RI No. 31 Tahun 1999 Tentang Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Saat disinggung, apakah akan ada penetapan tersangka yang lain selain SM yang diketahui sebagai Direktur Utama PDAM Delta Tirta? Wido menjawab akan dilihat dari hasil pengembangan penyidikan. "Kita lihat nanti hasil pengembangan penyidikan," tukasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kejari Sidoarjo menyelidiki hingga menyidik kasus pengadaan 10 ribu pipanisasi Sambungan Rumah (SR) PDAM DElta Tirta Tahun Anggaran 2015. Dalam tender pengadaan pipanisasi itu, pemenangnya, CV. Langgeng Jaya senilai Rp 8,9 milyar dari pagu senilai Rp 9,1 milyar.

Dalam proses pengadaan tersebut, Korps Adhiyaksa itu menduga adanya kerugian uang negara yang ditimbulkan. Banyak saksi yang dipanggil dalam kasus ini, mulai tim lelang dan jajaran direktur, termasuk Direktur Utama PDAM Delta Tirta Sugeng Mujiadi. [beritajatim]
Share this article :

Subscrib Me

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
 
I Pedoman Media Siber | Syarat Dan Ketentuan | Redaksi
Powered by SuaraPekerja
Copyright © 2011. Jatim Today | Portal Berita Jawa Timur - All Rights Reserved
Design by Creating Website Published by Mas Template