x

2 Pemuda Berlagak Tanya Arah, Ternyata Rampas Kalung Lansia

waktu baca 2 menit
Senin, 12 Des 2022 12:26 0 146 Redaksi

NGAWI – Modus pelaku kejahatan beraneka cara. Salah satu dengan berlagak menanyakan arah jalan. Padahal nyatanya hendak mengambil paksa harta korban.

Itu pula yang dialami Sawi (60), seorang nenek asal Desa Krompol, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi.

Niat hati memberitahu arah jalan yang ditanyakan pelaku, Sawi justru kehilangan kalung berharga miliknya.

Kasus perampasan yang menimpa Sawi ini berhasil diungkap Satreskrim Polres Ngawi. Dua pelaku, Heri Gianto alias Gapong (38) warga Desa Dimong, Kecamatan Nglames, Kabupaten Madiun dan Yogi Adi Bintoro (31) warga Kelurahan Josenan, Kecamatan Taman, Kota Madiun, telah ditangkap.

Waktu itu, Senin (14/11/2022) pukul 05.30 WIB. Heri dan Yogi sepakat hendak melakukan tindak kejahatan dengan mengendarai motor Yamaha Vixion berpelat nomor AE 6830 QV.

Dengan berboncengan, kedua pemuda yang telah dijadikan tersangka itu menyusuri perkampungan untuk mencari calon korban.

“Setelah sampai di lokasi yang dituju, tersangka Heri melihat kanan kiri untuk mencari sasaran berupa seorang perempuan yang memakai perhiasan kalung emas yang berada di depan rumah,” tutur Kapolres Ngawi, AKBP Dwiasi Wiyatputera di hadapan awak media, Senin (12/12/2022).

Kedua pelaku lantas bertemu sasaran. Sawi berada di depan rumah dengan mengenakan kalung emas.

Heri dan Yogi kemudian beraksi. Yogi berada diatas motor dengan kondisi mesin menyala. Sedangkan Heri berlagak menanyakan arah jalan menuju waduk kepada Sawi.

Begitu Sawi lengah, Heri seketika menarik kalung tersebut hingga putus. Dan membawanya kabur.

“Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian materi sebesar Rp.6.300.000. Kemudian pelapor melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Bringin guna proses lebih lanjut,” katanya.

Kini para pelaku telah mendekam di ruang tahanan Polres Ngawi. Keduanya disangkakan pasal 365 KUHP dengan ancaman 12 tahun penjara.

Redaksi

Media Online Jawa Timur yang dikemas dengan bahasa santun, inspiratif dan faktual.

LAINNYA
x