x

22 Desa di Situbondo Belum Kembalikan Dana Temuan Inspektorat

waktu baca 2 menit
Selasa, 31 Jan 2023 00:38 1 329 Redaksi

SITUBONDO, Jatim Today – Inspektorat di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menemukan dugaan penyimpangan alokasi dana desa tahun 2021 di 58 desa yang harus dikembalikan kepada negara.

Namun dari 58 desa di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, 36 desa telah mengembalikan. Sedangkan sisanya, 22 desa hingga saat ini belum juga mengembalikan dana desa yang tidak jelas peruntukannya ke negara.

Sekretaris Inspektorat Situbondo, Joko Nurcahyo mengatakan, batas akhir pengembaliannya dana desa kurang dua hari lagi atau pada hari Selasa (31/1/2023) ini.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada para kepala desa di 22 desa supaya segera mengembalikan dana desa ke negara.

“Kami meminta agar kepala desa bisa mempertanggungjawabkan perbuatannya terkait penggunaan ADD dan DD yang tidak jelas peruntukannya,” ujarnya dilansir dari Radar Banyuwangi.

Ia menambahkan, apabila sampai batas akhir dana yang diduga terdapat penyimpangan tidak segera dikembalikan, maka pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum.

“Terkait desa yang tidak menyelesaikan tanggungan hingga batas akhir tertanggal 31 Januari, maka pihak Inspektorat Pemkab Situbondo dan kejaksaan telah menyampaikan kepada kepala desa kasusnya akan langsung diambil alih aparat penegak hukum,” lanjutnya.

Joko menyampaikan, temuan Inspektorat atas dugaan penyimpangan pada dana desa bukan hanya yang merugikan keuangan negara. Melainkan juga tentang kesalahan administrasi. Akan tetapi, pelanggaran administrasi telah semuanya diselesaikan.

“Tapi yang menjadi kendala adalah temuan kerugian negara yang harus dikembalikan ke kas negara, kas daerah dan kas desa,” katanya.

Ia merinci, nominal keuangan negara yang wajib dikembalikan setiap desa bervariasi. Mulai dari Rp 479 ribu sampai dengan Rp Rp 314 juta.

“Sebenarnya sudah ada yang menyelesaikan, akan tetapi belum tuntas. Jadi ada yang sudah setor, tapi belum semuanya,” tutup dia.

Redaksi

Media Online Jawa Timur yang dikemas dengan bahasa santun, inspiratif dan faktual.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Nancee Osburn
    1 tahun  lalu

    Earn up to $60,000 USD as a 4U2 Inc. Independent Contractor Agent! We’re seeking individuals worldwide with computer access, fluent English communication skills, and a desire to save time and money for suppliers, buyers, and salespersons in our E-Commerce Marketplace. Join our mission to “Save Suppliers, Buyers, and Salespersons Time, Money, and make Money!” Contact us at 4u2inc123@gmail.com for more info..

    Balas
LAINNYA
x