x

5 Tempat Wisata di Kabupaten Bangkalan Madura, Jawa Timur

waktu baca 4 menit
Minggu, 3 Des 2023 19:00 0 208 Redaksi

BANGKALAN, Jatim Today – Bangkalan merupakan wilayah paling barat Pulau Madura yang menyimpan sejuta pesona. Berbagai destinasi wisata indah nan eksotis bisa ditemui di kabupaten ini.

Bangkalan dikenal sebagai salah satu tempat yang memiliki kuliner khas yakni Bebek Sinjay. Tak hanya makanannya saja yang menggugah selera, destinasi wisata di daerah ini pun tak kalah menyenangkan.

Anda bisa mencoba untuk mengunjungi wisata yang ada di Bangkalan bersama keluarga maupun kerabat ketika akhir pekan. Mulai dari wisata bahari hingga bukit menawan yang tidak bisa Anda abaikan begitu saja.

Bagi Anda yang masih bingung, berikut lima rekomendasi tempat wisata di Bangkalan yang bisa Anda pilih sebagai tujuan terbaik.

1. Bukit Jaddih

Bukit kapur ini terletak di daerah Jakan, Parseh, Socah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Aktivitas penambangan kapur masih terus berjalan. Bersamaan dengan itu, bukit ini menjadi salah satu destinasi wisata fotogenik yang diminati banyak wisatawan.

Bukit Jaddih ini disebut-sebut mirip dengan Kapadokia, sebuah kawasan wisata populer di Turki. Warna kecokelatan pada bukit kapur Jaddih serupa dengan batu-batu bersejarah di kawasan Kapadokia. Kawasan Bukit Jaddih dikelilingi pepohonan yang memberi kesan sejuk pada kawasan wisata ini.

2. Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning merupakan tempat wisata murah yang dapat di kunjungi saat berada di Kabupaten Bangkalan. Pantai ini memiliki pasir yang agak berwarna kuning begitu pula dengan ombaknya.

Pantai ini berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Bangkalan Madura. Jarak tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan dari pusat kota.Tepatnya berada di Desa Macajah, Kecamatan Tanjungbumi, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Untuk jelajah keindahan alam dan spot terbaik dari Pantai Siring Kemuning, anda harus membeli tiket masuk seharga Rp.5.000 per orang.

Banyak aktifitas yang dapat anda lakukan untuk sekedar menghilangkan kepenatan bekerja atau menghabiskan waktu berwisata bersama teman dan keluarga tercinta. Anda dapat bermandi-mandi, bermain pasir dan bermain voli bersama teman- teman.

3. Museum Cakraningrat

Museum Cakraningrat adalah museum yang terletak di Jalan Soekarno Hatta Nomor 39 A, Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura. Museum ini didirikan pada tahun 2007.

Kemunculan Museum Cakraningrat pada awalnya diprakarsai oleh pemerintah daerah dan pemerhati budaya untuk mengumpulkan kembali benda dan dokumen Keraton Bangkalan yang tersebar di berbagai pihak.

Benda dan dokumen tersebut kemudian dikumpulkan di kompleks Pemakaman Raja-Raja Bangkalan ‘Pesarean Aer Mata’. Tahun 1975 koleksi tersebut dipindahkan ke sebuah gedung di kompleks Pendopo Agung Bangkalan dan resmi diurus oleh pemerintah daerah. Secara resmi bangunan tersebut ditetapkan sebagai museum dengan nama ‘Museum Daerah Tk. II Bangkalan’.

Untuk meningkatkan apresiasi masyarakat umum terhadap koleksi bersejarah tersebut, maka museum dipindahkan ke gedung baru yang lebih representatif seperti saat ini dan diresmikan pada 13 Maret 2008. Selain jenis koleksi filologika dan historika, museum juga memiliki koleksi etnografika.

Saat ini kepemilikan museum dipegang oleh Pemerintah Kabupaten Bangkalan dan dikelola oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kabupaten Bangkalan.

4. Bukit Geger

Bukit Geger ini terletak sekitar 30 Km dari Kota Bangkalan sebelah tenggara dan berada 150 sampai 200 meter dari atas ketinggian permukaan laut. Tempat ini biasa digunakan sebagai lokasi untuk berkemah karena cuaca alamnya yang sangat mendukung. Bukit ini memiliki luas sekitar 44 Hektar dan merupakan kawasan hutan kayu Mahoni yang berada di bawah perlindungan negara.

Udara di sekitar bukit juga masih sangat segar karena jauh dari polusi selain itu suasanya masih sangat asri. Bagi teman-teman yang merindukan liburan alami bisa datang berkunjung kesini. Untuk bisa sampai di atas puncak bukit para pengunjung harus melewati puluhan anak tangga yang sudah disediakan. Cukup melelahkan tapi percayalah rasa lelah tadi akan hilang ketika teman-teman sudah sampai di atas.

5. Pantai Gebang

Pantai ini menawarkan suasana alam yang mempesona dan berbagai wahana serta fasilitas yang siap memanjakan liburan Anda dan keluarga.

Meskipun tidak seindah pantai di Bali, Pantai Gebang memiliki pesona yang cukup untuk menghibur liburan akhir pekan Anda.

Salah satu keuntungan dari Pantai Gebang adalah harga tiket masuk yang terjangkau. Hanya dengan Rp5 ribu per orang, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam Pantai Gebang sepuasnya.

Selain itu, biaya tambahan hanya sebesar Rp3 ribu untuk parkir sepeda motor dan Rp3 ribu untuk mobil.

Redaksi

Media Online Jawa Timur yang dikemas dengan bahasa santun, inspiratif dan faktual.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x