x

Air Terjun Tumpak Sewu Malang – Lumajang, Niagaranya Indonesia

waktu baca 2 menit
Jumat, 30 Des 2022 13:20 0 309 Redaksi

LUMAJANG – Air terjun Tumpak Sewu berada diantara dua Kabupaten di Jawa Timur. Yakni di Desa Sidomulyo, Pronojiwo, Lumajang dan Desa Sidorenggo, Ampelgading, Malang.

Karena terletak di dua wilayah, maka untuk menuju ke lokasi wisata pelancong bisa memilih melalui jalur di kedua wilayah tersebut. Namun kebanyakan wisatawan memilih jalur Lumajang.

Keunikan air terjun dengan ketinggian 120 meter ini, terletak pada arah aliran air yang mengarah ke dasar lembah curam dengan elevasi 500 meter di atas permukaan laut.

Aliran air terjun berasal dari Sungai Glidik berhulu di Gunung Semeru. Banyak yang menyebut, Air terjun Tumpak Sewu merupakan Niagaranya Indonesia karena bentuk luncuran air memanjang dan melingkar seperti tirai.

Sayangnya, rute menuju ke lokasi wisata air terjun Tumpak Sewu sangat ekstrem sehingga tidak cocok bagi wisata keluarga. Namun bagi yang suka tantangan, tempat wisata ini bisa jadi pilihan.

Tiket masuk ke air terjun Tumpak Sewu tergolong murah meriah, setiap pengunjung cukup membayar Rp 20.000 dan bebas bersuka ria menikmati keindahan alam disana.

Sebelum ke bawah air terjun, pengunjung bisa terlebih dahulu berswa foto dengan latar air terjun pada titik yang disediakan secara cuma-cuma.

Berikut rute menuju ke lokasi air terjun Tumpak Sewu dari jalur Lumajang.

Mulai Bululawang – Dampit – Tirtomoyo – Pronojiwo – perbatasan Lumajang dan Malang. Setelah sampai di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, wisatawan akan melihat pintu masuk objek wisata air terjun Tumpak Sewu di tepi jalan.

Redaksi

Media Online Jawa Timur yang dikemas dengan bahasa santun, inspiratif dan faktual.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x