x

Apakah Boleh Memberi Buah Pada Anjing dan Kucing Kesayangan

waktu baca 3 menit
Jumat, 24 Nov 2023 11:25 0 224 Redaksi

Jatim Today – Anda perlu mengetahui jika buah sebenarnya mengandung banyak kalori, bahkan sebagian memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Lalu apakah boleh memberi buah kepada kucing dan anjing kesayangan?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, simak dahulu penjelasan dokter Beth Turner melalui tulisan yang diterbitkan pada 7 Juli 2021 lalu.

Ia seorang dokter hewan dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Dia lulus dari North Carolina State College of Veterinary Medicine

Menurutnya, kucing dan anjing kesayangan anda memang membutuhkan kalori sebagai asupan gizi. Namun tidak lebih dari 10 persen dari kebutuhan zat gula harian mereka.

Sehingga jika anda berniat memberikan buah kepada para anabul, sebaiknya tidak diberikan sekaligus. Pastikan memperkenalkannya secara perlahan. Jika tidak, beberapa hewan peliharaan mungkin mengalami sakit perut hingga muntah disertai diare dengan gejala sering mengeluarkan gas menyengat.

Yang menjadi catatan lain, sebaiknya jangan pula mengenalkan satu macam buah. Beri buah secara berbeda, namun tentu dengan jeda 3 sampai 4 hari untuk mengetahui reaksi tubuh kucing dan kesayangan dalam mencernanya.

Dan tak kalah penting lagi, pastikan mencuci buah sebelum memberikan kepada para anabul. Hindari memberi buah kalengan berupa sirup, serta sesuaikan dengan kalorinya. Ingat, buah pisang, nanas dan stroberi tinggi gula dan mangga, apel serta pisang juga tinggi karbohidrat penyebab diare.

Berikut daftar buah yang boleh untuk kucing dan anjing sesuai takaran.

1. Apel

Kupas kulit, cuci dan buang bijinya, berikan maksimal 2 irisan saja untuk anjing dan porsi lebih kecil buat kucing kesayangan.

Ingat! Jangan berikan bijinya karena bersifat racun.

2. Pisang

Kupas dan potong seukuran 1 inci, itu sudah cukup bagi anjing mendapatkan kalori sebesar 15 hingga 30 kalori. Dan berikan porsi lebih kecil untuk kucing.

3. Bluberi

Anda cukup memberikan 2 hingga 3 biji buah beri hitam saja sudah cukup mendapat 5 sampai 9 kalori bagi anjing kesayangan anda. Namun kucing sebaiknya kurang dari 1 biji blueberi.

4. Blewah

Buang kulitnya dan iris perahu, jadikan beberapa potongan untuk anabul anda. Cukup 1 sampai 2 potongan dadu saja.

5. Semangka

Potong dadu dan buang bijinya. Sepotong mengandung 45 kalori, jadi tak perlu berlebihan memberikan kepada anjing maupun kucing anda.

Selain 5 buah di atas, anda perlu menghindari pemberian buah di bawah ini karena berbahaya bagi anabul kesayangan.

1. Alpukat

Daun, buah, kulit kayu, dan biji alpukat mengandung racun yang disebut persin. Anjing dan kucing jarang terpengaruh oleh jumlah buah itu sendiri. Tapi bisa menyebabkan muntah dan diare.

2. Anggur dan kismis

Buah-buahan ini dapat menyebabkan gagal ginjal, dan bahkan dalam jumlah kecil pun dapat menyebabkan penyakit seperti muntah, diare, sakit perut, dll, pada anjing dan kucing.

3. Ceri

Terutama lubang pori buah, berbahaya bagi anabul.

4. Jagung

Mengandung karbohidrat berlebih, baiknya hindari sayuran ini bagi anabul.

5. Terong

Beracun bagi kucing tapi baik untuk anjing. Namun, tindakan ini tidak disarankan untuk hewan peliharaan yang mengalami masalah peradangan karena dapat memperburuk keadaan.

6. Lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali – Dapat menyebabkan sakit perut yang parah karena tingkat keasamannya yang tinggi.

7. Biji kesemek dapat menyebabkan radang usus kecil serta penyumbatan usus (terutama pada anjing ras kecil). Namun, buahnya saja dalam jumlah kecil saja yang aman.

8. Belimbing

Buah ini merupakan tanaman yang mengandung oksalat larut yang mengandung asam oksalat dan garam oksalat. Ini mengikat kalsium dalam tubuh. Penurunan kalsium secara tiba-tiba dapat menyebabkan gagal ginjal akut.

9. Asam Jawa

Buah ini dan bijinya populer dalam masakan Asia dan India. Penelitian terbaru mengungkap bahwa asam tartarat dalam buah ini, juga ditemukan dalam anggur, beracun bagi anjing.

10. Tomat

Tomat mentah dan tanamannya dapat mengandung racun yang disebut tomatine. Ini bisa berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Meskipun tomat matang juga mengandungnya, jumlahnya sangat sedikit.

Redaksi

Media Online Jawa Timur yang dikemas dengan bahasa santun, inspiratif dan faktual.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x