x

Bidhumas Polda Jatim Gelar Bimtek Bahas Tentang Informasi Dikecualikan di Polres Ngawi

waktu baca 2 menit
Sabtu, 23 Sep 2023 05:33 4 248 Redaksi

NGAWI, Jatim Today – Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur (Bidhumas Polda Jatim) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Kegiatan Uji Konsekuensi tentang informasi yang dikecualikan, Jumat (22/9/2023).

Kegiatan tersebut digelar di Ruang Guyup, Kepolisian Resort Ngawi (Polres Ngawi). Selain Polres Ngawi, lima Polres jajaran Polda Jatim juga mengikuti acara ini. Antara lain, Polres Madiun, Polres Madiun Kota, Polres Magetan, Polres Pacitan dan Polres Ponogoro.

Kedatangan Tim Bimtek yang diketuai oleh Kepala Sub Bidang Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (Kasubid PID) Bidhumas Polda Jatim AKBP Gunawan Wibisono tersebut, disambut oleh Kabag SDM Kompol Cecep Wahyudi.

Kompol Cecep pum menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan sebagai penyelenggara kegiatan.

“Terima kasih kepada Tim Polda Jatim, yang telah memilih Polres Ngawi menjadi tuan rumah dalam kegiatan Bimtek kali ini,” ujar Cecep.

Pada kesempatan itu, AKBP Gunawan Wibisono mengatakan Polri sebagai badan publik sebagaimana diamanatkan dalam Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik berkewajiban menyediakan pelayanan informasi publik yang cepat, mudah, tepat, transparan dan akuntabel kepada pemohon informasi.

“Pentingnya peran Humas Polri dalam dinamika kepolisian, mana-mana saja informasi yang perlu dipublikasikan dan mana-mana saja informasi yang dikecualikan,” tutur Gunawan.

Kasubid PID itu juga mengingatkan tentang pentingnya peran Humas dalam dinamika kepolisian, yang harus dilaksanakan secara optimal oleh setiap personel Humas.

AKBP Gunawan menambahkan, pengujian konsekuensi harus jelas mempertimbangkan alasan-alasan menolak memberikan, atau mengecualikan informasi dari segi hukum dan akibat yang timbul jika membuka atau memberikan informasi kepada publik.

“Hasil uji konsekuensi terhadap informasi yang dikecualikan bertujuan melindungi data yang bersifat rahasia dan bukan untuk konsumsi publik,’’ lanjut Gunawan.

Sementara itu Kaur Anev Subbid PID Bid Humas Polda Jatim Kompol Indah Triastuti juga mengingatkan kembali tentang pentingnya uji konsekuensi di lingkungan satuan kerja masing-masing Polres.

“Berharap dengan dilaksanakan Bimtek uji konsekuensi dapat memberikan informasi dari segi hukum dan akibat yang timbul jika membuka atau memberikan informasi kepada publik,” jelas Indah.

Menurutnya, Polri sebagai badan publik yang mempunyai kewajiban informasi, juga mempunyai hak menolak memberikan informasi yang sifatnya dikecualikan sesuai dengan Pasal 17 UU No. 14 Tahun 2008.

Indah juga menyebutkan upaya Bidhumas dalam memberikan informasi kepada publik melalui amplifikasi, viralisasi, press release, door stop dengan hasil viralisasi media sosial maupun media masa.

“Dalam Perkap No. 1 Tahun 2019 disebutkan, Humas menjadi fungsi utama, karena memegang peranan penting dalam mengelola manajemen media,” pungkas Indah.

Redaksi

Media Online Jawa Timur yang dikemas dengan bahasa santun, inspiratif dan faktual.

4 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x