x

Cara Bikin Kambing dan Domba Sehat serta Kandang Tidak Bau

waktu baca 2 menit
Rabu, 23 Agu 2023 19:13 0 234 Redaksi

TRENGGALEK, Jatim Today – Para peternak kambing maupun domba tentu berharap hewan ternaknya itu selalu dalam kondisi sehat. Namun harapan terkadang tak sesuai kenyataan, kambing maupun domba sering sakit-sakitan sehingga menurunkan harga jual di pasaran.

Selain masalah kesehatan pada hewan ternak, peternak kambing maupun domba acapkali dihadapkan pada persoalan kandang yang berbau. Bau tidak sedap sangat erat kaitannya dengan kesehatan hewan ternak. Sehingga persoalan ini harus segera diatasi.

Lantas bagaimana agar kambing maupun domba selalu sehat serta kandang tidak berbau?

Yang perlu diperhatikan ialah selalu memberikan pakan kering kepada kambing dan domba. Pakan yang tidak mengandung banyak air berpengaruh pada tekstur kohe alias kotoran hewan. Semakin kohe kering, kandang yang ditinggali juga tidak mengeluarkan bau menyengat sehingga kesehatan ternak terjaga.

Pakan kering bisa berupa Complete Feed (pakan komplit) terdiri dari bekatul, gaplek, konsentrat serta pakan hijauan. Bahan-bahan tersebut dicampur terlebih dahulu sebelum ditaruh ke palung-palung kandang untuk pakan ternak.

Usahakan untuk tidak memberikan pakan fermentasi secara langsung, melainkan hanya sebagai campuran saja.

Untuk menjaga ketersediaan pakan hijauan, memang sebaiknya tetap melalui proses silase, yakni disimpan dan difermentasi dalam kondisi kedap oksigen dengan menggunakan bantuan bakteri asam laktat. Bahan-bahan pakan hijauan bisa dari Tebon Jagung, Rumput Odot serta Rumput Pakchong.

Proses silase tak memerlukan waktu lama, cukup disimpan secara anaerob ke drum-drum plastik selama tiga hari sudah bisa dicampur dengan bahan tambahan buat pakan ternak.

Mengenai konsentrat yang digunakan bisa memakai produk pabrikan, baik berkualitas super maupun sedang. Konsentrat ini penting untuk menambah asupan ternak yang belum terpenuhi dari bahan-bahan lain.

Komposisi pakan ternak yang diberikan, konsentrat 45 persen, pakan hijau 30 persen sedangkan sisanya bekatul maupun gaplek.

Bagi kambing yang belum biasa makan pakan kering, sebaiknya melalui proses adaptasi selama sepekan. Dengan memberikan pakan hijauan dikombinasi dengan pakan kering. Semakin hari perbandingan pakan kering diberikan semakin banyak sampai ternak benar-benar menyukainya.

Selamat mencoba !!

Redaksi

Media Online Jawa Timur yang dikemas dengan bahasa santun, inspiratif dan faktual.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x