x

Cara Mengatasi Kucing Dehidrasi

waktu baca 2 menit
Selasa, 5 Des 2023 19:53 0 198 Redaksi

Jatim Today – Kucing kesayangan bisa saja mengalami dehidrasi. Dimana saat itu, kucing tidak hanya kehilangan air melainkan juga beberapa mineral penting seperti klorida, natrium, dan kalium.

Air bagi kehidupan sangatlah penting, sama halnya dengan kucing karena membantu menjaga kesehatan untuk sirkulasi, pencernaan dan proses membuang racun. Oleh sebab itu, kekurangan cairan atau dehidrasi pada kucing harus segera ditangani secepatnya. Bila tidak, dapat menyebabkan masalah medis yang lebih serius.

Jika kucing kita menunjukkan tanda-tanda dehidrasi maka langkah terbaik ialah segera menghubungi dokter hewan untuk mendapatkan bantuan. Sambil menanti pertolongan dokter, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kucing dehidrasi.

1. Berikan minum dengan menambahkan sedikit kaldu ayam atau jus tuna ke dalam air.

2. Hentikan pemberian makanan kering, ganti dengan makanan basah yang banyak mengandung air.

3. Berikan beberapa es batu pada mangkuk airnya.

4. Jika tidak berkenan minum, coba paksa dengan memberikan air menggunakan alat injeksi ke mulut kucing secara perlahan.

Sementara itu, untuk mengobati kucing yang benar-benar kekurangan air parah. Hanya bisa dilakukan oleh dokter hewan, karena akan dilakukan pemberian cairan melalui kateter pada pembuluh darah atau bagian kulit dalam kucing.

Sebenarnya langkah mengatasi kucing dehidrasi adalah dengan melakukan pencegahan. Adapun caranya antara lain,

a. Berikan air bersih setiap hari pada kucing dengan wadah terjaga kebersihannya.

b. Sediakan tampungan-tampungan air bersih di sekitar rumah. Tempat ini akan menjadi opsi lain sebagai tempat air minum kucing.

c. Berikan suplemen elektrolit atau air rasa tuna secara berkala.

d. Gunakan air mancur untuk menarik minat kucing meminum.

Jika kucing Anda tampak dehidrasi atau ragu-ragu untuk minum, penting untuk segera membawanya ke dokter hewan. Dehidrasi pada kucing dapat menyebabkan beberapa masalah medis serius yang harus ditangani sesegera mungkin.

Redaksi

Media Online Jawa Timur yang dikemas dengan bahasa santun, inspiratif dan faktual.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x