x

Fungsi Waduk Rawa di Lamongan Turun, DPUSDA Segera Normalisasi

waktu baca 1 menit
Selasa, 13 Des 2022 04:35 0 397 Redaksi

LAMONGAN – Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPUSDA) Kabupaten Lamongan akan menormalisasi sejumlah waduk dan rawa karena fungsinya mulai menurun.

Beberapa waduk dan rawa yang akan dinormalisasi antara lain, Rawa Sibanget di Desa Pucangro, Kecamatan Kalitengah dan Waduk Pading di Desa Gempol Pading, Kecamatan Pucuk.

Plt Kepala DPUSDA Lamongan, Gunadi mengatakan, pekerjaan normalisasi berupa pengerukan dan penataan tanggul agar lebih kuat.

“Rencananya, pekerjaannya 4.500 sampai 6.500 meter kubik. Kita croscek dulu untuk memastikan kedalaman normalisasi yang dibutuhkan,” katanya, Selasa (13/12/2022).

Menurut dia, tahun 2022 ini pihaknya telah menormalisasi tiga rawa dan waduk. Yakni penataan tanggul Rawa Bogo, rehab jaringan irigasi Waduk Dermo, serta rehab intake dan pelimpahan Waduk Tuwiri.

Kegiatan di tiga lokasi tersebut dikatakannya, telah rampung. Setelah dinormalisasi, sistem pengairan untuk areal pertanian lebih optimal.

“Waduk dan rawa ini sangat dibutuhkan untuk pengairan sawah, sehingga untuk normalisasi kita utamakan,” lanjut dia.

Sementara itu, ia menjelaskan bila kondisi danau dan rawa di Kabupaten Lamongan mulai menurun fungsinya. Tanggul banyak yang rusak serta terjadi pendangkalan. Sehingga perlu perbaikan dan pengerukan.

Apalagi dia bilang, saat ini telah memasuki musim penghujan.

“Karena waduk sudah mulai (diperlukan) menampung (air hujan) di musim penghujan,” tandasnya.

Redaksi

Media Online Jawa Timur yang dikemas dengan bahasa santun, inspiratif dan faktual.

LAINNYA
x