x

Kerupuk Puli Buatan Napi Lapas Blitar Tembus Ekspor

waktu baca 2 menit
Selasa, 24 Jan 2023 08:20 0 335 Andik Mlg

BLITAR, Jatim Today – Kerupuk puli ala Jawa Timur, telah memasuki pasar ekspor. Tapi siapa sangka cemilan berbahan dasar nasi itu buatan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Blitar.

Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur, Imam Jauhari mengatakan, pihaknya telah menggelar MoU bersama pihak ketiga untuk memfasilitasi proses ekspor kerupuk puli ke luar negeri.

Pada ekspor perdananya, 15 ribu lembar kerupuk puli buatan warga binaan Lapas Kelas II B Blitar akan dikirim ke Hongkong.

“Kami telah melakukan tanda tangan, MoU dengan pihak ketiga untuk perdana ekspor kerupuk puli. Ekspor kerupuk puli ke Hongkong. Awal permintaan 15 kardus, 15 ribu,” katanya, Selasa (24/1/2023).

Ia menambahkan, produksi kerupuk puli yang dilakukan oleh 10 napi Lapas Kelas II B Blitar merupakan upaya Kemenkumham Kanwil Jawa Timur dalam memberdayakan warga binaan supaya lebih produktif.

Sehingga ketika kembali ke tengah-tengah masyarakat, para napi dikatakannya, telah memiliki keterampilan berwirausaha.

Untuk proses pembuatan kerupuk Puli, Imam menjelaskan, para napi hanya membutuhkan beberapa bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih dan garam.

“Bumbu itu nanti dicampur dengan empat kilogram beras yang telah menjadi nasi,” lanjutnya.

Apabila permintaan ekspor ekspor kerupuk puli ke Hongkong meningkat, Imam menyebut, pihaknya akan merekrut lebih banyak napi di sejumlah Lapas untuk memproduksi massal.

“Jika saat ini pembuatan kerupuk puli hanya dikerjakan sepuluh orang napi, kedepannya pihak Lapas akan menambah lebih banyak untuk mencukupi permintaan dari Hongkong,” tutupnya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x