x

Komunitas Gay Sebut Seksualitas Itu Cair

waktu baca 1 menit
Jumat, 14 Jul 2023 16:53 0 251 Redaksi

SURABAYA, Jatim Today – Gaya Nusantara, sebuah komunitas yang memperjuangkan kesetaraan kaum Lesbian Gay Biseksual Transgender Intersex dan Queer (LGBTIQ) menyebut bila seksualitas bersifat fluid alias cair.

Purba, Sekretaris Gaya Nusantara mengatakan, seseorang berhubungan intim dengan sesama jenis belum tentu disebut sebagai homoseksual. Apakah itu pria dengan pria atau perempuan dengan perempuan.

Menurutnya, seksualitas tidak terbatas pada orientasi semata. Melainkan bisa berubah-ubah tergantung dari kebutuhan dan keadaan pelakunya.

“Seksualitas itu fluid. Lelaki yang berhubungan seks dengan lelaki, belum tentu gay. Begitu juga yang gay, ada semacam spektrumnya,” ujar Purba, Jumat 14 Juli 2023.

Ia menambahkan, seorang pria dengan orientasi penyuka sesama jenis (gay) bisa saja tiba-tiba tertarik terhadap perempuan.

“Bisa saja orang yang gay, lalu dengan berjalannya waktu bisa menjadi apa yang dikenal dengan biseksual. Tentunya dengan spektrum yang berbeda juga pada masing-masing orang. Itulah mengapa kami mengatakan seksualiatas itu cair (fluid),” lanjutnya.

Dengan penjelasan ini dikatakan Purba, masyarakat hendaknya memaklumi apabila gay menikahi perempuan maupun memutuskan untuk tidak menikah karena orientasi seksualnya menyimpang.

“Merujuk pada kecairan seksualitas manusia, jika seseorang yang kita tahu gay lalu menikah dengan perempuan cis heteroseksual, ya biarkan saja. Ada banyak pertimbangan mengapa mereka memutuskan itu,” tutup dia.

Redaksi

Media Online Jawa Timur yang dikemas dengan bahasa santun, inspiratif dan faktual.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x