x

Kontes Kambing dan Domba Ras Tingkat Kabupaten 2023 Digelar di Tulungagung

waktu baca 2 menit
Selasa, 15 Agu 2023 06:13 0 528 Redaksi

TULUNGAGUNG, Jatim Today – Kontes kambing dan domba Ras Njrabrang maupun Kaligesing tingkat Kabupaten 2023 digelar di Desa Sedayugunung, Tulungagung, Minggu (6/8/2023).

Kegiatan untuk memperingati hari ulang tahun kemerdekaan ke 78 Republik Indonesia yang bertepatan dengan hari jadi Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) Bukit Bersemi yang ketiga tahun.

Ajang tingkat kabupaten ini pertama kali digelar di Desa Sedayugunung dengan melibatkan beberapa komunitas dan kelompok KKN 111 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogayakarta.

“Kontes kali ini baru pertama kali diadakan di desa Sedayugunung,” ujar Ketua BUMDes Bukit Bersemi Desa Sedayugunung, Karyono.

Selain kontes, ia mengatakan, di acara kontes juga diadakan ekspo. Ekspo digelar bertujuan untuk mendorong para pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang dikelola oleh masyarakat sekitar.

“Kegiatan ini juga ditujukan untuk mendongkrak gairah peternak yang berada di daerah Sedayugunung karena mayoritas penduduk adalah peternak” lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Alvin, Ketua Peternak Domba dan Kambing Tulungagung (PDKT) menambahkan, dalam menentukan juara, para juri melakukan penilain secara cermat pada bentuk-bentuk bagian tubuh kambing yang dilombakan.

“Yang dinilai dari bentuk kepala, kuping, kaki, bulu dan semua bagian tubuh kambing. (Semua) sudah ada kriterianya,” kata Alvin.

Pesertanya yang mengikuti lomba berasal dari kawasan Sedayugunung, yakni para komunitas peternak domba dan kambing di Kabupaten Tulungagung. Bahkan dari luar Jawa Timur.

“Para peserta berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah, ada yang dari Malang, Ponorogo bahkan dari Batang,” tutupnya.

Untuk diketahui, acara ini diprakarsai oleh BUMDes Bukit Bersemi milik Desa sedayugunung, PDKT, Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) serta kelompok KKN 111 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Mereka turut terlibat dalam mensukseskan jalannya acara.

Di sela kontes, penyelenggara menghadirkan bintang tamu Jhon Rambo, Kambing Njrabrang dengan nilai ratusan juta rupiah.

Penulis : Sya’ban Fadol Hudori

Redaksi

Media Online Jawa Timur yang dikemas dengan bahasa santun, inspiratif dan faktual.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x