x

Muswil ke-16 Muhammadiyah Jawa Timur di Ponorogo

waktu baca 2 menit
Kamis, 22 Des 2022 23:47 0 275 Redaksi

PONOROGO – Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-16 Muhammadiyah Jawa Timur digelar di Alun-alun Ponorogo, 24 hingga 25 Desember 2022.

Selain di Alun-alun Ponorogo, kegiatan Muswil juga akan berlangsung di Expotorium Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO).

Ketua Steering Committe (SC) Muswil ke-16, Sukadiono mengatakan, pejabat publik hingga tokoh nasional diperkirakan menghadiri acara tersebut. Seperti Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak hingga Menteri Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

Ia menyampaikan, para tokoh internal Muhammadiyah juga dipastikan hadir pada event provinsi tersebut. Yakni Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Sekjen Abdul Mu’ti dan Ketua PP Muhammadiyah Saad Ibrahim.

“Pada puncak pembukaan nanti akan ada sambutan dan arahan Ketua Umum PP Muhammadiyah dan Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa,” katanya, Jumat (23/12/2022).

Sukadiono menjelaskan, agenda utama Muswil ke-16 ialah pemilihan 64 anggota Pimpinan Muhammadiyah Jawa Timur (PWM). Puluhan bakal calon pimpinan tersebut telah diverifikasi oleh panitia pemilihan diketuai diketuai oleh Dr Hidayatulloh yang juga Rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan nama-nama tersebut sebelumnya telah dibuka ke publik sebagai bentuk transparansi organisasi.

Nantinya, pemilihan anggota pimpinan akan dilakukan secara elektronik atau e-voting. Ia bilang, di sela acara juga disediakan hadiah kejutan berupa undian lima unit motor yang disediakan bagi puluhan ribu peserta dan penggembira.

Agenda berikutnya, penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus PWM periode 2017-2022, penyusunan rencana kerja serta pembahasan isu strategis.

Di kesempatan berbeda, Ketua Muhammadiyah Jawa Timur Saad Ibrahim menambahkan, tema yang diusung pada Muswil ke-16 ialah Membumikan Islam Berkemajuan, Memajukan Jawa Timur.

Ia berharap, apa yang menjadi tema musyawarah bisa dijalankan para pimpinan anggota Muhammadiyah Jawa Timur kedepan.

“Harapannya pimpinan yang terpilih membawa kemajuan bagi Muhammadiyah. Dengan demikian tidak ada lagi istilah memilih kucing dalam karung di Musywil ke-16 Muhammadiyah Jawa Timur. Semuanya terbuka,” tutup dia.

*Berikut nama calon pimpinan sementara PWM Jawa Timur.

Lihat disini

Redaksi

Media Online Jawa Timur yang dikemas dengan bahasa santun, inspiratif dan faktual.

LAINNYA
x