x

Netizen Kopdar Bareng Polda Jatim di Pasuruan, Deklarasikan Bijak Bermedsos

waktu baca 3 menit
Minggu, 12 Feb 2023 16:04 0 448 Dwi NH

PASURUAN, Jatim Today – Warganet atau netizen se-Jawa Timur menggelar kopi darat (kopdar) bersama Polda Jatim di Joglo Kejayan Kota Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (12/2/2023).

Dalam acara bertagline ‘Netizen Cerdas Negara Kuat’ itu, netizen se-Jawa Timur berkesempatan mendeklarasikan Bijak Bermedia Sosial Menuju Damai Indonesiaku.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto yang turut menghadiri acara menyampaikan, di era 4.0 ini masyarakat semestinya cermat menyikapi segala macam informasi yang beredar. Karena semua permasalahan timbul salah satunya dipicu oleh informasi sesat.

Ia lalu mencontohkan pada isu penculikan anak yang belakangan ini santer beredar, hingga menyebabkan gangguan ketertiban karena masyarakat terlalu mudah percaya kabar bohong tersebut.

“Bahkan beberapa waktu lalu juga di salah satu Kabupaten di Sumatera, di Kabupaten Musi Rawas Utara ada seorang pedagang kain. Pedagang pakaian disana sempat dihentikan mobilnya, dirusak, dianiaya, karena isu penculikan anak yang begitu masifnya,” tutur Dirmanto.

Menurutnya, era 4.0 merupakan sebuah tantangan yang perlu dicermati karena sering disebut era post-truth. Dimana informasi seperti ujaran kebencian, kabar bohong muncul begitu masif di semua platform media sosial.

“Sekarang sudah muncul tik tok yang begitu kuat, bahkan sekarang semua keluhan – keluhan masyarakat, semua problem-problem sosial dimunculkan lewat tik tok, bahkan privasi seseorang pun disitu tidak segan-segan untuk upload disitu,” katanya.

Oleh karena itu ia berharap, melalui acara kopdar netizen bareng Polda Jatim ini, bisa menjadi momentum penting untuk sama-sama saling mengingatkan.

“Kami harap, forum ini bisa untuk kita bersama saling bersinergi satu sama lainnya, sehingga kedepan apa yang menjadi cita-cita kita yaitu situasi Kamtibmas yang aman, tertib dan kondusif bisa kita lakukan serta kita wujudkan,” harapnya.

Selain itu, Dirmanto juga mengajak kepada para netizen agar senantiasa menyaring pemberitaan sebelum dibagikan. Apabila kabar tersebut diragukan kebenarannya, ia meminta lebih baik dihapus karena dampaknya luar biasa.

Apalagi tidak lama lagi, pesta demokrasi akan digelar. Dimana ketertiban masyarakat rawan terganggu.

“Sebentar lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi, tentunya kalo kita flashback banyak sekali informasi yang 2019 lalu bertebaran terkait dengan Hoax, baik itu pencoblosan yang tidak sesuai dengan prosedur yang ada atau kecurangan-kecurangan yang sifatnya dimunculkan informasi hoax disitu yerus bertebaran,” ungkap Dirmanto.

Usai memberikan sambutan, Kombes Pol Dirmanto secara simbolis menyerahkan cinderamata berupa kaos kepada perwakilan netizen Jawa Timur.

Selanjutnya netizen se-Jatim mendeklarasikan Kamtibmas Bijak Bermedia Sosial Menuju Damai Indonesiaku.

Berikut empat poin isi deklarasi,

1. Kami Netizen Jawa Timur adalah warga negara Indonesia yang menjunjung tinggi Pancasila dan UUD 1945.

2. Kami Netizen Jawa Timur berjanji untuk mewujudkan dan menjaga Kamtibmas di wilayah Jawa Timur, khususnya dalam bermedia sosial.

3. Kami Netizen Jawa Timur akan selalu cerdas dan bijak dalam berbagi informasi, khususnya di media sosial.

4. Kami Netizen Jawa Timur siap mengajak dan mengimbau kepada Netizen lainnya untuk menjaga Kamtibmas di wilayah Jawa Timur.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x