x

Ngopi Sambil Bahas Calon Presiden 2024

waktu baca 2 menit
Minggu, 5 Mar 2023 11:45 0 311 Redaksi

Jatim Today – Semua topik akan muncul di atas meja warung kopi. Mulai dari pertanian, kehidupan, ekonomi hingga pembahasan Calon Presiden 2024. Bahkan urusan Tuhan juga kadang jadi bahasan. Ya begitulah masyarakat kita, sudah lumrah.

Tapi diantara sekian tema, ada yang menarik. Yakni obrolan mengenai Calon Presiden Indonesia di tahun 2024, termasuk segala macam ceritanya.

Dengan bahasa sederhana, masyarakat awam yang sok tahu, memang tahu, keminter atau memang pinter, secara bloko suto mengutarakan segala argumen mengenai pencapresan negeri ini.

Tak sedikit terkadang menggelitik lantaran argumen dianggap salah kaprah. Alih-alih tahu betul tentang tokoh di Jakarta, informasi yang diutarakan justru sedikit ngawur.

Soal Puan Maharani misalnya, disebut-sebut laik memimpin negeri ini karena penerus trah Soekarno dan merupakan adik Megawati Soekarno Putri.

“Anaknya,” gumam lawan diskusi mencoba meluruskan.

Tapi karena kadung semangat ketika berargumen, koreksi itu tak kunjung diterima hingga percakapan soal calon presiden berakhir dengan status Puan Maharani sebagai adik Megawati Soekarno Putri.

Lalu Presiden Joko Widodo, ada yang menyebut akan tetap menjadi presiden di periode ketiga. Meski argumen ini kemungkinan bisa saja terjadi, namun konstitusi Indonesia melarang hal ini.

Perdebatan sengit diselingi tegukan kopi pahit pun semakin panas ketika isu tiga periode dimunculkan. Ada yang sependapat karena prestasi Jokowi dianggap mumpuni. Tak sedikit pula menolak karena nggak sesuai aturan dan lebih memilih Prabowo Subianto sebagai presiden 2024.

Nama Anies Baswedan juga dibicarakan, sosok yang dianggap masyarakat sebagai tokoh cerdas ini disebut dalam obrolan warung kopi paling pantas menggantikan Joko Widodo nanti.

Apalagi, kata pria diseberang meja, pendampingnya adalah Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY.

“Pasti Indonesia bebas korupsi, lah dulu bapaknya (Susilo Bambang Yudhoyono) saja berani mengobok-obok partainya (Partai Demokrat) sendiri menangkap koruptor. Kalau sekarang mana berani, PDI Perjuangan menangkap Harun Masiku,” timpal pria yang usianya paling muda.

Tak ketinggalan Ganjar Pranowo hingga Muhaimin Iskandar juga dinilai masyarakat patut menjadi orang nomor satu Indonesia. Hanya saja Ganjar kata mereka, tidak mengantongi restu dari Megawati Soekarno Putri.

Ya karena Ketua Umum PDI Perjuangan lagi-lagi telah menunjuk anaknya, Puan Maharani, sebagi calon presiden 2024 dari partai banteng.

Gak bisa Ganjar itu, (Megawati Soekarno Putri) sudah menunjuk adiknya, Si Puan,” tandasnya.

Kemudian obrolan ditutup dengan pertanyaan dari seseorang yang sedari tadi banyak terdiam mengamati jalannya diskusi di warung kopi.

Dengan bertanya, “dari sekian presiden yang pernah memimpin Indonesia, siapa menurut anda paling berhasil?”

“Soeharto,” jawab mereka serentak.

Redaksi

Media Online Jawa Timur yang dikemas dengan bahasa santun, inspiratif dan faktual.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x