x

Pesisir Pamekasan Diterjang Cuaca Ekstrem Hingga Tahun Baru

waktu baca 1 menit
Rabu, 28 Des 2022 11:54 0 184 Redaksi

PAMEKASAN – Cuaca ekstrem menerjang pesisir pantai utara Kabupaten Pamekasan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menyebut, kondisi alam itu berlangsung hingga tanggal 1 Januari 2023.

Menurut BPBD Pamekasan, cuaca ekstrem yang melanda berupa angin kencang hingga menyebabkan gelombang tinggi di sepanjang pantai.

“Sesuai rilis yang kami terima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca ekstrem berpotensi terjadi mulai hari ini hingga 1 Januari 2023,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pamekasan Amin Jabir di Pamekasan, Rabu (28/12/2022).

Amir berkata, berdasar laporan BMKG, tinggi gelombang mencapai hingga 4 meter. Oleh karena itu, pihaknya minta masyarakat tidak berada di pesisir pantai.

Ia menambahkan, fenomena alam tersebut telah berlangsung sejak 49 hari lalu. Dimana kata dia, sedikitnya 49 warga mengalami kerusakan akibat terpaan angin kencang.

Selain itu, cuaca ekstrem juga menyebabkan jalan nasional di sepanjang pantai utara Pamekasan ambles. Serta 27 perahu nelayan Desa Bandaran dan Desa Kramat, Kecamatan Tlanakan, rusak.

“Kami memang telah membentuk tim khusus sebagai upaya antisipasi dan gerak cepat apabila terjadi bencana. Akan tetapi kesadaran masyarakat juga menjadi penting untuk menekan risiko bencana,” tandasnya.

Redaksi

Media Online Jawa Timur yang dikemas dengan bahasa santun, inspiratif dan faktual.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x