x

Pulau Teraneh Dunia Ada di Indonesia, Bukan Kalimantan atau Papua

waktu baca 3 menit
Kamis, 26 Jan 2023 13:50 0 390 Mokhamad Dofir

SURABAYA, Jatim Today – Negara Indonesia nyaris memiliki 17.000 pulau dengan berbagai ukuran, besar, kecil maupun sangat kecil. Pulau-pulau ini tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Dari belasan ribu pulau itu, terdapat pulau yang dianggap orang barat paling aneh di dunia.

Pulau paling aneh tersebut bukan Kalimantan atau Papua, meski sebagai pulau terbesar ketiga dan kedua di dunia setelah Greenland.

Pulau teraneh di dunia yang dimaksud ialah Pulau Jawa. Kok bisa?

Dilansir dari tulisan Tomas Pueyo Brochard berjudul ‘Why is Java So Weird?!‘ Pulau Jawa disebut sebagai satu-satunya pulau yang aneh di dunia.

Keanehan pada Pulau Jawa bukan karena faktor geografis. Karena posisi strategis itu dimiliki oleh Pulau Sumatera dan Semenanjung Malaya yang berada di jalur perdagangan dunia, Selat Malaka.

“Apakah memiliki posisi strategis yang lebih baik di Kepulauan Indonesia? tidak, kerajaan awal bermarkas lebih jauh ke utara yakni Sriwijaya,” tulis Tomas.

Keanehan Pulau Jawa menurut alumnus Universitas Stanford Amerika Serikat ini, juga bukan karena faktor dijajah Belanda. Sebab, negara asing menurut dia menjajah Indonesia bertujuan ingin menguasai rempah-rempah yang banyak ditemukan di Indonesia bagian timur seperti Maluku, bukan Pulau Jawa.

Pulau Jawa merupakan pulau teraneh di dunia ditulis Tomas karena memiliki daratan kecil namun penduduknya padat. Tercatat angka kepadatan di Jawa mencapai 1.100 jiwa setiap satu kilometer persegi.

Jumlah itu mengalahkan Rusia sebagai negara besar dan luas. Penduduk Pulau Jawa juga lebih padat daripada Jepang, Filipina, China bahkan Kota Houston di Texas Amerika Serikat.

“Lebih aneh lagi, pulau-pulau tetangganya di Indonesia tidak terlalu padat penduduknya,” tulis Tomas.

Ia lalu mengatakan, jumlah populasi luar biasa di Jawa juga menjadikannya sebagai pulau yang sangat istimewa. Para penduduk tinggal berjejalan di semua tempat, berdampingan dengan gugusan gunung berapi.

Keistimewaan itu bisa disaksikan dari satelit, ketika malam hari. Pulau Jawa terlihat begitu terang bila dibandingan dengan pulau-pulau di sekitarnya dalam satu kawasan.

“Sumatera memiliki dataran dan sungai yang datar, sedangkan Jawa memiliki gunung berapi, namun Jawa adalah satu-satunya pulau yang penuh dengan manusia,” lanjutnya.

Tomas lantas heran, apa yang menyebabkan penduduk di Pulau Jawa begitu padat.

Kepadatan penduduk Pulau Jawa bukan karena migrasi dari pulau lain di sekitarnya. Pulau-pulau Nusantara kata dia, malah banyak yang berasal dari Suku Jawa.

Penulis Buku The Star Wars Rings ini kemudian menggelar penelitian dan berkesimpulan bahwa penyebab Pulau Jawa sebagai pulau teraneh di dunia atas jumlah penduduknya karena faktor kesuburan tanah. Hal itu dipengaruhi oleh banyaknya gunung berapi.

Tanah di Pulau Jawa banyak mengandung unsur hara berasal dari guguran lahar vulkanik gunung api. Yang berimbas juga pada iklim di Pulau Jawa menjadi hangat.

“Jadi mengapa Jawa jauh lebih padat dari daerah tetangga lainnya? 1. Tanah vulkanik yang subur, 2 abu vulkanik yang menambah kesuburan, 3 hujan dan panas, 4 daerah lain tidak memiliki kepadatan gunung berapi aktif, 5 tanahnya telah tercuci,” tutupnya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x