x

Resep Cara Membuat Sayur Asin Kiamcai Bahan Sawi Hijau

waktu baca 2 menit
Minggu, 17 Sep 2023 13:25 0 164 Maya Jbr

Jatim Today – Sayur asin atau Kiamcai merupakan sayuran hasil fermentasi, biasanya berbahan sawi hijau pahit. Sayur asin bisa dipakai sebagai pelengkap atau campuran saat memasak sup, tumisan, bubur dan lain sebagainya.

Untuk memperoleh sayur asin, masyarakat Indonesia cenderung membeli di pasaran ketimbang membuatnya sendiri karena tak mau ribet.

Padahal membuat sayur asin sendiri sebenarnya lebih sehat dan higienis karena terjaga kebersihan saat mengolah. Selain itu bahan-bahan yang digunakan juga sesuai pilihan sendiri, sehingga lebih alami.

Lantas bagaimana cara membuat sayur asin? Simak ulasan di bawah ini.

Bahan-bahan

1 kg sawi hijau atau sawi pahit (jangan lepas bonggolnya)
2 sdm gula merah
125 gr garam kasar atau gerosok
5 ruas jahe
Asam jawa secukupnya
1 liter air kelapa (bisa diganti dengan air cucian beras pertama)

Cara membuat

1. Cuci bersih sawi hijau menggunakan air mengalir. Pastikan setiap helai sawi hijau terbebas dari tanah atau kotoran yang melekat.

2. Sortir bagian sawi hijau yang kurang bagus dengan cara diiris pada area yang dibuang menggunakan pisau kecil. Lalu iris pula ujung bonggol sawi dengan tetap membiarkan tangkai sawi melekat pada bonggol.

3. Setelah cukup bersih, gantung dan jemur sawi hijau menggunakan tali kain sampai sawi menjadi layu sekitar 3 – 4 jam. Ingat, jangan biarkan sawi hijau mengering. Cukup sampai kondisinya layu.

4. Pisahkan per ruas sawi dari bonggolnya. Hal ini diperlukan supaya pada proses penggaraman menjadi lebih mudah merata.

5. Baluri setiap helai sawi hijau tadi secara merata sambil diremas-remas sampai mengeluarkan sedikit air di permukaan sawi hijau.

6. Siapkan toples plastik berukuran sedang beserta tutupnya dan kantong plastik untuk melapisi bagian dalam toples. Wadah ini nanti akam dipakai sebagai tempat sawi hijau selama proses fermentasi.

7. Masukkan sawi hijau yang telah dibaluri garam ke dalam toples yang berkantong plastik. Susun sawi hijau sedemikian rupa.

8. Taburi sawi hijau dengan garam yang tersisa. Lalu tambahkan gula merah dan jahe yang telah diiris tipis-tipis. Masukkan asam jawa dan tuang air kelapa hingga merendam sawi hijau secara keseluruhan.

9. Ikat kantong plastik dengan rapat lalu tindih dengan mangkok keramik atau alat pemberat lain dan tutup toples.

10. Biarkan selama 3 hari 3 malam untuk proses fermentasi.

11. Setelah proses fermentasi, sawi hijau siap untuk diolah menjadi masakan sesuai selera anda.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x