x

Warga Jember Blokade Jalan Tuntut SK Pengelolaan Gunung Sadeng

waktu baca 1 menit
Selasa, 17 Jan 2023 05:54 0 386 Andik Mlg

JEMBER, Jatim Today – Ratusan warga di Kecamatan Puger, Kabupaten Jember memblokade jalan sebagai bentuk protes atas kelambanan pemerintah merespon tuntutan masyarakat yang menginginkan terbitnya Surat Keputusan (SK) pengelolaan Gunung Sadeng.

Aksi itu berpusat di dekat Masjid Arrahman Desa Kasiyan Timur, Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Massa yang tergabung dalam Persatuan Tumangan Gunung Sadeng (PTGS) itu menutup jalan menggunakan palang bambu dan membakar ban bekas.

PTGS membawa beberapa tuntutan, salah satu diantaranya menuntut Bupati Jember segera menerbitkan SK rekomendasi untuk PTGS terkait pengelolaan Gunung Sadeng di lokasi 10 hektare yang sebelumnya telah diklaim oleh PTGS.

Nur Hasan Ketua PTGS mengatakan, dengan penerbitan SK tersebut maka perajin batu gamping di Gunung Sadeng terlindungi.

“Selama ini warga dirugikan dengan harga batu gamping Rp 50 ribu per ton. Seharusnya di bawah Rp 40 ribu per ton,” katanya, Selasa (17/1/2023).

Selain itu, PTGS juga menuntut perbaikan jalan pada jalur Kasiyan Timur dengan Puger yang rusak akibat banyaknya kendaraan berat pengangkut semen.

“Jika tuntutan kami tidak direspons, maka blokade ini akan terus berlanjut sampai Bupati Jember menerbitkan SK rekomendasi untuk PTGS. Kami sudah capek. Ini demi mempertahankan ekonomi masyarakat tumangan,” tutupnya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x