x

Tingkat Kepercayaan ke Polri Naik 73,2 Persen, PMII : Rakyat Makin Cinta Polisi

waktu baca 2 menit
Senin, 1 Mei 2023 01:38 0 160 Mokhamad Dofir

SURABAYA, Jatim Today – Hasil survei Lembaga Indikator Politik Indonesia (LIPI) menyebutkan tingkat kepercayaan publik terhadap Polri meningkat jadi 73,2 persen.

Nailil Ghufron Khanif selaku Ketua Biro Pertahanan dan Keamanan Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Pusat menyampaikan, hal itu pertanda bahwa rakyat semakin mencintai institusi kepolisian.

Menurut Ghufron, meningkatnya kepercayaan publik kepada Polri berkat semangat pimpinan Polri untuk mewujudkan kepolisian yang benar-benar melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat sesuai perannya.

“Dengan semangat mewujudkan reformasi birokrasi yang sehat dan bersih di tubuh Polri, kini masyarakat semakin percaya terhadap institusi pimpinan Jenderal Listyo Sigit tersebut. Dan hal ini sungguh membanggakan,” kata Ghufron, Senin (1/5/2023).

Apalagi dikatakannya, survei menunjukkan bila tingkat kepercayaan publik yang dirilis LIPI hasilnya di atas capaian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dimana selama ini lembaga anti rasuah tersebut selalu mendapat tempat di hati masyarakat.

“Nah inilah sekali lagi merupakan hal yang sangat membanggakan, kami patut mengapresiasinya,” tandas Ghufron.

Bukti Polri hadir di tengah-tengah masyarakat menurut Ghufron, ialah ketika aktivitas mudik dan balik Lebaran 2023 berlangsung.

Ia bilang, keseriusan polisi mengamankan jalannya arus lalu lintas selama momen tahunan itu, telah membuahkan hasil. Masyarakat banyak yang mengaku berkesan karena proses mudik dan balik Lebaran tahun ini berjalan lancar.

“Angka kecelakaan lalu lintas turun, serta menurunnya tingkat kriminalitas jalanan. Polisi patut mendapat apresiasi setinggi-tingginya,” ucap Ghufron.

Untuk diketahui, survei LIPI digelar pada 11-17 April 2023 terhadap 1.220 responden. Survei dilakukan dengan cara wawancara tatap muka oleh pewawancara yang terlatih.

Pemilihan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. Adapun margin of error survei +/- 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut tren kepercayaan terhadap Polri selama enam bulan terakhir,

Agustus 2022 69,6 persen
September 2022 62,8 persen
November 2022 64,5 persen
Desember 2022 70,4 persen
Februari 2023 70,8 persen
April 2023 73,2 persen

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x